Muhammad Ikhsan

Memperbaiki Error No Wi-Fi Adapter Found pada Ubuntu 18.04

30. Jun. 2020

Beberapa hari yang lalu melakukan upgrade package pada laptop Lenovo Yoga C640 pinjaman dari kantor yang disi dengan Ubuntu 18.04. Setelah upgrade, termasuk pembaharuan kernel ke modul linux-image-5.3.0-61-generic, semuanya berjalan baik-baik saja.

Masalah baru muncul setelah laptop saya restart, saya tidak menemukan icon wireless pada taskbar yang bisanya otomatis menyala dan terkoneksi dengan jaringan internet rumah.

ubuntu no wi-fi adapter found
GIF via Giphy

Setelah mengecek pada bagian pengaturan barulah ketahuan kalau ternyata adapter wifi-nya tidak terdeteksi. Alih-alih memunculkan list jaringan wifi yang tersedia, yang muncul malah tulisan No Wi-Fi Adapter Found seperti pada gambar berikut.

ubuntu no wi-fi adapter found
Gambar via Imgur

Sepertinya cobaan seperti ini sudah sering menimpa beberapa pengguna Ubuntu lainnya. Beberapa solusi lewat pencarian google saya coba namun tidak memberi hasil, baik dari mereka yang berpengalaman dengan masalah yang sama maupun yang memberi solusi berdasarkan kemungkina perasaannya saja. Termasuk solusi pertama pada artikel ITFOSS ini.

Solusi kedua tidak saya coba, karena tidak dapat mendeteksi apakah driver wireless pada laptop saya ini keluaran Broadcom atau bukan. Bahkan di list perangkat keras pun dengan perintah sudo lshw -c network, tidak saya temukan device yang kemungkinan merupakan device untuk wireless.

Langkah selanjutnya yang saya coba adalah recovery melalui sistem bawaan Ubuntu yang ada di grub, untuk mengetahui modul kernel apa saja yang tersedia bisa dengan perintah dpkg --list | grep linux-image pada terminal.

Beruntung saya masih ada sistem recovery yang mengarah ke modul sebelumnya, yaitu linux-image-5.3.0-28-generic. Jadinya saya coba recovery dan login dengan modul tersebut, semua driver bekerja dengan baik termasuk wifi. Saya coba kembali untuk reboot dan memilih modul default alias modul terbaru yang baru saja saya update, berharap ada perubahan setelah saya recovery. Tapi hasilnya tetap sama, driver wifi tetap tidak ditemukan.

Setelah coba browsing dengan kata kunci yang lebih spesifik menyertakan versi Ubuntu serta modul kernel 5.3.0-61-generic akhirnya saya menemukan solusi yang tepat di salah satu utas bug tracker launchpad. Dari utas tersebut dijelaskan bahwa kemungkinan driver wifi tidak terdeteksi terkait dengan error pada firmware atau bisa jadi karena ada pemilihan firmware yang kurang tepat.

Pada utas tersebut, si pembuat utas juga menyertakan langkah-langkah yang dia lakukan agar adapter wi-fi nya bisa bekerja kembali secara normal. Idenya adalah dengan mencoba mengganti modul firmware yang di-load sistem untuk driver kernel iwlwifi, driver kernel Linux yang mendukung beberapa adapter wireless milik Intel. Berikut urutan perintahnya:

$ sudo rmmod iwlmvm
$ sudo rmmod iwlwifi
$ sudo cp /lib/firmware/iwlwifi-Qu-b0-jf-b0-48.ucode{,.bak}
$ sudo cp /lib/firmware/iwlwifi-QuZ-a0-jf-b0-48.ucode /lib/firmware/iwlwifi-Qu-b0-jf-b0-48.ucode
$ sudo modprobe iwlwifi

Dan VOILAAAAA......

ubuntu no wi-fi adapter found
GIF via Giphy

tags: catatan internet tutorial ubuntu wireless