[Tugas IMK] QR-Code

Menurut tante wiki, QR-Code adalah suatu jenis kode matriks atau kode batang dua dimensi yang dikembangkan oleh Denso Wave, sebuah divisi Denso Corporation yang merupakan sebuah perusahaan Jepang dan dipublikasikan pada tahun 1994 dengan fungsionalitas utama yaitu dapat dengan mudah dibaca oleh pemindai. QR merupakan singkatan dari quick response atau respons cepat, sesuai dengan tujuannya yaitu untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang lebih cepat pula. Berbeda dengan kode batang (bar code), yang hanya menyimpan informasi secara horizontal, QR-Code mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis Kode QR dapat menampung informasi yang lebih banyak daripada bar code.

static_qr_code_without_logoMasih dari sumber yang sama, dijelaskan bahwa CR Code mampu menyimpan semua jenis data, seperti data numerik, data alphabetis, kanji, kana,hiragana, simbol, dan kode biner. Secara spesifik, kode QR mampu menyimpan data jenis numerik sampai dengan 7.089 karakter, data alphanumerik sampai dengan 4.296 karakter, kode binari sampai dengan 2.844 byte, dan huruf kanji sampai dengan 1.817 karakter. Selain itu kode QR memiliki tampilan yang lebih kecil daripada kode batang.

Di Indonesia sendiri, QR Code pertamakali dipopulerkan oleh harian Kompas. Hal ini dikarenakan kode QR yang mampu menampung data termasuk URL, jadi begitu kita memindai dengan perangkat mobile yang terhubung internet serta dilengkapi software pemindai QR-Code maka secara otomatis kita akan di arahkan ke alamat website yang tersimpan dalam kode tersebut. Bahkan belakangan ini, kode QR dimanfaatkan untuk mengoptimalkan strategi pemasaran sebuah brand ataupun perusahaan tertentu. Seperti yang saya kutip dari website Pusat Inovasi UMKM:

Cara #1 Kartu nama
Mungkin inilah cara tercepat dan termudah untuk menggunakan QR code dalam lingkup profesi. Buatlah QR code yang mengarah ke halaman blog atau situs usaha Anda, atau resume online Anda di LinkedIn, halaman akun Facebook atau Twitter Anda, dan sebagainya.
Cara #2 Materi marketing
Anda punya poster, brosur, program, selebaran, dan banyak materi lainnya. Tambahkan QR code untuk mengarahkan pengunjung ke sebuah video tertentu, mengirimi mereka ke gambar di Flicker, mendapatkan pengikut baru di Twitter, atau mengarahkan mereka menuju sebuah halaman web yang telah didesain sedemikian rupa bagi pengguna perangkat mobile. Sebagai contoh, coba lihat apa yang dilakukan Detroid Red Wings.
Cara #3 Pajang di ‘etalase depan’
Anda bisa memberikan QR code agar pengunjung lebih sering masuk (check in) dengan aplikasi Foursquare, mengarahkan pemindai menuju profil Yelp Anda, atau mengundang pelanggan untuk berbagi memori dengan cara berbagi foto, video, atau teks melalui Stickybits.
Cara #4 Untuk penggemar gratisan
Tawarkan sebuah bonus untuk orang-orang yang bersedia memindai QR code Anda sebagai ungkapan terimakasih atas kebaikan hati mereka. Buatlah sebuah QR code khusus untuk orang-orang yang Anda anggap layak mendapat bonus.
Nah, untuk contoh kode QR di awal tadi merupakan QR Code yang berisi alamat blog saya “http://pararang.blogspot.com”. Saya buat melalui QR Code Generator yang bisa anda temukan melalui bantuan paman Google, namun untuk kesempatan kali ini saya cukup menggunakan QR Code Generator berbasisi web yang beralamat di http://qrcode.kaywa.com/. Lumayan untuk men-generate nama atau URL atau mungkin nomor handphone lalu dijadikan foto profil di FB, G+, Twitter, atau mungkin bisa anda pasang di Friendster bagi anda yang masih hidup dimasa lalu.

2 Comments on "[Tugas IMK] QR-Code"

Hai, would be nice if you leave a reply. :D