solo spirit 2013

ASEAN Blogger Solo Spirit 2013: Dari Solo untuk ASEAN

Acara Asean Blogger Festival 2013 yang dihelat selama empat hari (9-12 Mei) baru saja ditutup dengan resmi beberapa hari yang lalu. Bahkan mungkin saja masih ada beberapa peserta dan panitia yang merasakan kenikmatan lelah dan letih setelah mensukseskan acara empat hari dan tiga malam tersebut. Namun hal itu bukan berarti ABF2013 telah berakhir, banyak tugas dan target yang harus dicapai pasca ABF2013 di Solo. 

Yap, selain oleh-oleh khas Solo (bagi yang sempat beli) ada beberapa oleh-oleh formal dari ABF2013. Oleh-oleh formal yang saya maksudkan adalah sikap yang telah kita sepakati bersama. Sikap yang kemudian berbuah mandat dari kita (baca: blogger ASEAN) untuk kita sendiri ini tersurat melalui suatu kesepakatan yang kita kenal dengan ASEAN Blogger Solo Spirit 2013.

We, the ASEAN Bloggers,

Recognizing the Bali Declaration 2011 acknowledging the role and contribution of social media for the establishment of ASEAN Community 2015 Reaffirming the needs to reinvent the spirit of cultural heritage in Southeast Asia, with a view of strengthening the ASEAN Social Cultural Communities with one vision, one identity and one community

Agree to:

Strengthen the significant role of ASEAN bloggers in ensuring the establishment of ASEAN Community in 2015

Contribute more to the process of community building, particularly within the framework of ASEAN Socio-Cultural Communities, where Government, bloggers and all relevant stakeholders share common responsibilities.

Encourage the Governments of ASEAN Member States to continue supporting and facilitating this process in order to ensure the continuous process of building and strengthening ASEAN Socio-Cultural Community towards the establishment of ASEAN Community 2015.

Solo, 12 May 2013

Piagam yang isinya merupakan suatu suplemen penguat atas Deklarasi Bali 2011 ini awalnya di sepakati bersama oleh segelintir blogger perwakilan beberapa komunitas dan negara yang hadir pada salah satu kelas break out session. Kelas yang khusus membahas master plan ASEAN Blogger kedepannya ini di-panel langsung oleh mas Baskoro Ajie bersama mas Amril Taufik Gobel dengan dihadiri beberapa blogger dari Indonesia serta perwakilan negara-negara ASEAN. Dari ASEAN Blogger Solo Spirit 2013 ini kemudian dilanjutkan pula pembahasan mengenai rencana kerja untuk 1, 2, dan 3 tahun kedepan. Misalnya saja usulan untuk meangadakan campus road show, mengingat masih terbatasnya informasi tentang komunitas ASEAN 2015 di kalangan mahasiswa,  selain itu saat ini komunitas blogger bukan hanya sebatas pada lingkup daerah namun juga sudah sampai pada lingkup kampus atau instansi.

asean blogger festival 2013

mas @amriltg a.k.a Daeng Battala’  dan mas @baskoji

Setelah diskusi agak serius tentang master plan ASEAN Blogger, diskusi atau lebih tepatnya semacam introgasi kebeberapa blogger perwkilan dari negara ASEAN lainnya tentang kesipan dan kesanggupan untuk menjadi tuan rumah ASEAN BLogger 2014 nanti. Dari perbincangan santai ini kemudian disepakati dan juga disanggupi oleh blogger perwakilan dari Brunei untuk menjadikan Brunei sebagai tempat perhelatan ASEAN Blogger Festival 2014, salah satu pertimbangan kenapa Brunei disepakatai karena kemungkinan besar tahun depan sekretariat ASEAN juga akan berpindah ke Brunei. Diskusi kemudian ditutup dengan serah terima piagam yang berisi Deklarasi Bali dari Mas Amril selaku vice president AEAN Blogger chapter Indonesia kepada blogger Brunei sebagai simbol kesiapan blogger Brunei untuk menghelat ABF selanjutnya.

solo spirit 2013

bang Amril dan haji Marul

asean-blogger-festival-2013

foto bareng mba Ajengkol dan pak Haji

Di acara penutupan ABF2013 yang dilakukan di Keraton Kasunanan Surakarta, maka sekali lagi Solo Spirit dibacakan dihadapan para peserta dan panitia. Pembacaan Solo Spirit 2013 ini dilakukan bersama oleh Claire Madarang (Philippines), Preetam Rai (Singapura), Dimas Muharram (Kartunet) dan Alaika Abdullah (Blogger Bandung). Semoga Solo Spirit 2013 ini bukan sekedar teks formalitas belaka tanpa ada action yang mengikutinya. Oleh karena itu sudah menjadi tanggung jawab semua pihak yang terkait khususnya para blogger yang hadir disana untuk mengerjakan pekerjaan rumah dari Solo ini. Bukan sekedar kongkow-kongkow empat hari tiga malam yang kemudian selesai sebagai event ceremonial belaka.

asean-blogger-festival-2013

Salam hangat dari salah satu sudut Bogor yang sedang gerimis.

5 Comments on "ASEAN Blogger Solo Spirit 2013: Dari Solo untuk ASEAN"

Hai, would be nice if you leave a reply. :D