ShoutMix: Aku, Kamu. End!!

Bagi sebagian besar blogger, salah satu bagian atau widget utama pada blog adalah kotak chating atau yang yang biasanya lebih kita kenal dengan istilah shout box, chat box, ataupun buku tamu.

Kalau saya sendiri memasang shout box semata untuk memfasilitasi pengunjung blog yang ingin berkomentar namun merasa dipersulit dengan alur aturan yang cukup ribet (bagi beberapa orang) pada fasilitas komentar pada setiap artikel yang telah disediakan blogger.com.

Selain itu, biasanya shout box juga merupakan hal yang paling pertama dicari oleh para blogger yang senang melakukan blog walking untuk mendapatkan banyak kunjungan balik ke page-nya. Selain cepat, ya tentu saja juga karena prosedurnya yang tidak berbelit-belit serta tidak memerlukan page load secara menyeluruh pada halaman yang sedang ditampilkan.

Ada banyak penyedia layanan shout box gratis, misalnya oggix, cbox dan juga shoutmix. Saya sendiri sejak mengenal dunia blogger selalu menggunakan free shout box dari shoutmix, selain karena tampilannya yang sederhana dan juga dapat menyatu dengan template apapun, lika-liku untuk mendapatkan kode java script-nya tidak terlalu riweh.

Namun, dua hari yang lalu saya mendapatkan peringatan di shout box saya yang mengatakan bahwa empat hari lagi shoutmix akan expired. Awalnya saya kira itu hanya spam black campaign dari pesaing shoutmix, namun setelah saya perhatikan dengan teliti ada sebuah link CHAPS LOCK yang bertuliskan “SHOUTMIX IMPORTANT” pada bagian atas kotak shoutmix.

Link tersebut menuju ke sebuah halaman surat terbuka kepada semua pengguna jasa shoutmix yang intinya memberitahukan bahwa layanan gratis pada shoutmix akan dihapuskan. Untuk tetap menikmati kesederhanan yang powerfull dari shoutmix, semua pengguna layanan gratisan shoutmix diharuskan beralih ke akun berbayar sebelum tanggal 1 Januari 2012. Seperti pada bagian surat terbuka tersebut;

…Existing users will be able to continue using their accounts at no cost right now. The transition will begin within a few weeks. Eventually, users with free accounts will need to switch to a paying plan or stop using the service. The date is set at January 1, 2012. After this date, free accounts will stop working unless upgraded to a paid plan….

Daripada harus beralih ke pengguna berbayar, saya memilih lebih baik putus hubungan dengan shoutmix bersama semua kenangan yang pernah ada dan beralih ke penyedia shoutbox gratisan lainnya. Meskipun agak berat, tapi itulah bisnis. Agak lebay, namun itu bukan reality show.

8 Comments on "ShoutMix: Aku, Kamu. End!!"

Hai, would be nice if you leave a reply. :D