Category Archives: Jalan-Jalan

cerita perjalanan, dari laut sampai gunung, dari kisah jalan-jalan di hotel hingga jalan-jalan ke hutan.

kandang badak

Banyak Punten di Kandang Badak, Gunung Pangrango [2/3]

Lanjut yang kemaren mas bro. Di Pos Panyancangan kan tadi kita ngambil kiri tuh. Disini jalurnya gak terlalu banyak nanjak, jadi kemungkinan track yang bakalan kita lalui cukup jauh. Kenapa? karena logika umumnya begini: kalo tracknya gak terlalu nanjak, artinya tracknya dibuat zig-zag atau mungkin malah dibuat mengitari badan gunung, jadi nya kan bisa dikatakan kita berjalan memutar. Jadinya, selain melelahkan, jadila jalur pendakian gunung pangrango ini sebagai jalur yang cukup ngebosenin. Meskipun begitu ada juga beberapa jalur memotong tegak lurus, mungkin bagi mereka yang gak sabaran kayak kami. ehhee. Oh iya, dibagian yang ini tracknya masih berupa jalan berbatu, jadi kemungkinan nyasarnya gak begitu besar.  Continue reading…

pangrango via cibodas

Pendakian Gunung Pangrango via Cibodas [1/3]

Mendaki Pangrango via Cibodas-. Baru sempat cerita ni mas and mbak bro setelah dua minggu berlalu pendakian gunung Pangrango nya. Heheee… Setelah sebelumnya hanya bisa menyapa dari puncak Gede, akhirnya saya bisa berbalik menyapa puncak Gede langsung dari Pangrango. Sekitar awal-awal April dapat ajakan dari kawan GFM yang segera sidang tugas akhir (TA). Katanya sih mau foto di lembah Mandalawangi pake setelan kemeja yang digunakan sidang TA. Oke, saya menyanggupi.  Continue reading…

summit attack gunung gede

Pendakian Gunung Gede, Summit Attack

Semoga ini menjadi menjadi bagian terakhir dari seri Pendakian Gunung Gede.

27 Desember 2012
Sekitar pukul dua dini hari, saya dan kalo gak salah Upay juga sudah bangun dari tidurnya, tapi cuma saya yang benar-benar berani buat ninggalin kantong tidur. Posisi tidur yang berada paling dalam membuat saya agak merangkak hati-hati ketika keluar tenda. Diluar masih gelap dan udaranya khas pegunungan, dingin ohhh dingin.  Continue reading…

Nanjak Bersama Hujan di Jalur Pendakian Gunung Gede

Kita lanjutin cerita yang kemaren ya.

26 Desember 2012
Setelah sholat subuh, dilanjut dengan nyeduh kopi, kemudian repacking lagi, akhirnya sekitar pukul tujuh pagi kami memulai perjalanan. Tentunya dengan terlebih dahulu singgah melapor ke pos Gunung Putri yang hanya berjarak sekitar 100 meter dari tempat penitipan motor. Di pos ini Upay mengurus segalanya, menyerahkan form pendakian serta list barang bawaan. Yang pasti tidak boleh ngebawa barang yang berbusa, semisal sampho dan sabun. Khawatir ngerusak alam kali ya. Selain itu juga tidak di perkenankan membawa benda tajam semacam golok, tapi kalo sebatas pisau dapur atau survival kit sih masih di bolehkan. Terus demi keselamatan, pendaki di haruskan menggunakan sepatu, tapi pada akhirnya karena alasan ketidak nyamanan, saya lepas sepatu trus make sendal gunung setelah melewati pos Gunung Putri. :D  Continue reading…

pendakian gunung gede

Pendakian Gunung Gede, Pendakian Akhir Tahun

Alhamdulillah, puji syukur atas kesempatan dan keselamatan yang Allah berikan kepada kami, sehingga bisa mencapai puncak Gede dan kembali dengan selamat ke kosan/rumah masing-masing. Nah sebelumnya, perkenalkan rombongan para pendaki kali ini ada Ozy, Julian, Upay, Eky sepupunya Upay, dan tentunya saya juga ikutan dong. Silahkan menikmati cerita perjalanan kami, cerita pendakian gunung Gede.  Continue reading…

hutan mati papandayan

[Cikuray-Papandayan] Pendakian Gunung Papandayan

Setelah kenalan (kecuali saya) dengan pendaki “independen” tadi, kami bergabung di tepi jurang. Menikmati rindangnya pepohonan dan semilir angin di ketinggian bersama tawa kepuasan. Melihat track record kami semua, gak nyangka dalam tiga hari kami bisa merasakan udara di dua puncak gunung yang berbeda. Ehhh… sebelum serius baca ini, mending baca postingan sebelumnya dah biar bisa nyambung. Sudah? Oke langsung ke inti cerita, semoga tulisan saya bisa menggambarkan secara real pendakian gunung papandayan kemaren.  Continue reading…