ganti jadwal tiket penerbangan lion air

Pengalaman Mengganti Jadwal Tiket Penerbangan Lion Air

Kali ini cuma mau sharing aja pengalaman saya kemarin, atau lebih tepatnya sekitar dua bulan yang lalu.

Kronologi

Kronologinya dimulai sekitar akhir November 2012, waktu itu saya mesen tiket promo via web Lion Air dengan tujuan Jakarta-Makassar (21/01/2013) dan Makassar-Jakarta (09/02/2013). Yang menjadi masalah adalah tiket pergi (pulang kampung) saya yang tujuannya Makassar tertanggal 21 Januari itu. Saya sengaja ngambil tanggal 21, sesuai dengan petunjuk dari kalender pendidikan IPB yang kalo gak salah sekitar tanggal 19 Januari aktifitas UAS di IPB telah selesai, yang artinya waktunya kita libur. Berhubung siklus pulang saya yang biasanya pulang saat Idul Fitri terkorbankan karena PKL, maka kali ini semangat pulang itu sangat menggebu-gebu. 

Namun saudara-saudara, awal Januari 2013 muncul desas-desus kalau kolokium (semacam seminar judul tugas akhir) akan dilaksanakan setelah UAS, dan itu artinya kolokiumnya dilaksanakan pada saat liburan. Dan benar, sekitar satu pekan sebelum kepulangan saya, kepastian itu muncul, kolokium akan dilaksanakan pada tanggal 21 dan 22 Januari. Bener-bener dah, ini konspirasi besar dan saya menjadi korbannya. :v :v :v :v :v.

Berhubung tiket keberangkatan saya pukul 11.35 (kalo gak salah), jadinya saya tetap percaya diri dengan jalan keluar yang telah diberikan oleh dosen yang punya hak mengatur jadwal presentasi. Saya dipasang sebagai presentator pertama untuk tanggal 21. Meskipun pertama, yang paling tidak terhitung waktu presentasi serta sayapun harus menjadi pembahas untuk presentator setelah saya, maka kemungkinan selesainya baru sekitar pukul sembilan pagi. Jadinya, ya tetap tidak memungkinkan untuk mengejar waktu penerbangan saya dari Bogor ke Cengkareng, ditambah jalur menuju bandara agak galau, kadang macet kadang lancar. Hal ini karena lagi musim banjir di Jakarta.

Mengganti Jadwal Tiket Penerbangan Lion Air

mengganti jadwal tiket penerbangan lion air

gambarnya nyedot dari lionair.co.id

Jadinya, sekitar seminggu sebelum tanggal 21, berdasarkan saran dari beberapa kawan, saya menghubungi pihak Lion Air untuk mengganti jadwal tiket penerbangan Lion Air yang sebenarnya sudah saya bayar dan pegang e-tiketnya. Waktu itu saya menghubungi dua nomor call center LA yang satu sama lain saling mengoper karena CS nya pada sibuk. Pada waktu itu saya berhasil ngobrol dengan CS Lion setelah beberapa kali mencoba ke nomer (+6280) 4177 8899 dan (+6221) 6379 8000. Setelah menceritakan maksud dan tujuan saya, si mba-mba CS meminta kode booking sama alamat email kemudian melakukan perubahan di database. Saya memindahkan penerbangan ke hari berikutnya, tanggal 22 Januari dengan resiko gak nonton kolokium hari kedua.

Meskipun perubahan jadwal dapat dilakukan melalui telepon, tapi pembayaran biaya administrasi harus tetap melalui cabang Lion Air terdekat. Dan kalau gak salah batas pembayarannya maksimal 2×24 jam setelah perubahan di database. Lusanya saya baru ada waktu buat ke cabang Lion Air yang ada di Bogor, tempatnya di Padjajaran, sekitar empat ruko sebelah kiri Masjid Raya Bogor. Meskipun ditelepon CS nya bilang bakalan kena biaya administrasi sekitar 150ribu, namun ternyata ketika mau bayar di cabangnya langsung cuma kena 112ribu.

Meskipun pembayaran sudah selesai, ternyata masih ada yang ketinggalan. Sekitar H-5 sebelum keberangkatan (22/01/2013), disela-sela persiapan makalah kolokium, tiba-tiba ada  SMS masuk, dan kurang lebih mengatakan kalau jadwal penerbangan saya dimajukan sekitar satu jam lebih awal dari jadwal sebelumnya yang tertera di tiket. Kalau gak salah, seharusnya saya berangkat tanggal 22 Januari 2013 pukul setengah 12an, kemudian melalui SMS Lion mengabarkan kalau keberangkatan saya dimajukan sekitar pukul setengah 11an. Saya sempat kepikiran buat minta ganti rugi semacam biaya administrasi ke Lion Air karena telah memajukan jadwal penerbangan saya secara sepihak. Tapi yah, yoweslah, kali ini saya legowo aja dah, yang penting bisa pulang dengan selamat.

Satu lagi, jangan lupa semakin mendekati jadwal penerbangan anda melakukan pergantian jadwal, maka biayanya juga akan semakin besar. Saya lupa berapa persen-persenannya. Dan juga, meskipun sekarang eranya sosial media, tapi jangan terlalu berharap banyak dari akun @LionAirID. Semoga bermanfaat.

44 Comments on "Pengalaman Mengganti Jadwal Tiket Penerbangan Lion Air"

  • Siti 5 Januari 2016
    Saya Rescedule jadwal pesawat Lion yang semula berangkat ke Jogja PP yaitu tgl 6 Januari saya ganti tgl 13 PP juga. Pembatalan tgl 5 Januari 2016 dan saya dikenakan biaya Rp 400 rb. saya tanyakan juga kalau cancel uang saya kembali berapa ? ternyata kalau uang kembali hanya Rp 75 ribu. Sungguh tidak adil…

    • wahhhh kalo perihal jumlah pengembalian jika kasusnya pembatasalan saya gak tau banyak. tapi berdasarkan informasi yang mba siti berikan sih keliahatan keterlaluan kalau re-fund cuam sebesar itu. mungkin kalao mba siti merasa dirugikan bisa complain ke lion atau bikin pengaduan ke Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) [http://ylki.or.id/tata-cara-pengaduan-konsumen/].

      Terima kasih.

  • Hai ka,,saya nova dari balikpapan.saya mau tanyaa nich..saya kan sdah pesan tiket lion buat tgl 6 januari 2016 dn tiketnya sdah saya bayar..tpi saya mau melakukan perubahan ke tgl 10..kira bisa ngga yaa saya pindah tgl lain…trims

    • Halo Nova,
      Maaf telat balesnya, habis ada kegiatan yang tidak memungkinkan untuk buka2 pembaharuan komentar di blog.
      kalo aturan reschedule nya tidak berubah, harusnya sih masih bisa untuk dilakukan perubahan tanggal.

      terima kasih sudah berkunjung.

  • biasanya kalau untuk reschedul h min berapa yah gan

  • mas, saya telah meminta reschedule tgl 20 menjadi tgl 19 juli, kemudian lion air telah memberikan rincian biaya (180rb) dan max. pembayarannya tgl 21 juni.
    sedangkan saya mau membatalkan reschedule itu, maksudnya saya ingin blik lg tgl 20.
    langkah saya harus bagaimana ya ?
    apakah saya tidak usah bayar biaya reschedule itu ? apakah dia akan otomatis ke jadwal keberangkatan awal ?
    terima kasih ,

    • kalau kasusnya seperti itu saya belum pernah ngalamin mas. saya sarankan sih coba ke kantor cabang terdekat aja terus coba di konfirmasi di sana aja. khawatirnya kalau lewat telfon nanti ada kesimpangsiuran lagi. apalagi sekarang ini kan lagi masa2 sibuknya operator airlines.

    • okee saya coba ke kantornya dlu.
      kmaren via telpon kata mereka harus bayar rechedule nya. sama seperti kasus reschedule pertama

    • yang saya tangkap, cara kerjanya masih sama sejak artikel ini saya tulis. sebelum pembayaranpun di sistemnya sudah dilakukan perubahan jadwal. sehingga kalau dikembalikan ke jadwal semula sama saja kalo kita juga melakukan reshcedule krn harus melakukan prosedur perubahan jadwal pd umumnya. terimakasih sudah berbagi pengalamannya mas.

    • Iya mas , terima kasih atas info nya.
      ada yg aneh juga, ketika saya telpon siang2 itu cs nya cwe dan cara nya tetap sama.
      tp ketika pagi2 sktr jam 6.30 itu cwo yg menjawabnya, dia bilang hal yg sma jika ingin reschedule akan dikenakan biaya, karena ada kenaikan class tiket saya, “jika bapak tidak ingin ada tambahan biaya, maka class tiket harus sama, coba bapak telpon kami lagi siang nanti mudah2an tersedia class tiket yg sama pada jadwal yg bapak inginkan dgn class tiket yg bapak booking saat ini.” Kata cs cwo tersebut.
      Sekian info dr saya semoga bermanfaat,
      Terima kasih atas respon comment saya

  • aku reschedule 12 hari sebelum berangkat, gak ada biaya apapun alias gratis. biaya admin juga gak ada

    • terimakasih infonya, mas akrar. akan sangat membantu bagi kawan-kawan yang butuh informasi terbaru mengenai biaya reschedule tiket saat ini. kalau tidak salah memang ada batas “paling lambat” reschedulenya yang mengaharuskan pembayaran administrasi. kalau belum melewati batas sekian hari dari hari H pesanan awal maka biaya ganti jadwalnya masih gratis. kalau tidak salah sih kalau pemindahannya dilakukan tidak kurang dari seminggu sebelum jadwal penerbangan maka masih gartisan. tolong dikoreksi kalau salah ya teman-teman.

  • Kalo tiket promo lion air bisa di majukan nggak tanggal keberangkatannya?

  • Klo ganti jam penerbangan di tgl. Yang sama kena administrasi jg mgkn ya…apakah gk bisa ya melalui online pergantiannya…tq gan

    • maaf baru bales…. mungkin balesnya udah telat pake banget…. :)

      kalo pergantian waktu itu gak bisa online gan… harus ke kantor cab lion. gak tau kalo sekarang. :)

  • kalo mau rebook, ada pembayaran selisih harga tiket ngga? selain pembayaran administrasi? makasih

  • jadi misal begini,hari kamis saya dikirimi kode booking tiket lion air dari kantor di jakarta untuk berangkat hari minggu.
    ternyata saya masih ingin nambah cuti,kemudian saya ingin merubah keberangkatan ke hari rabu.
    nah,untuk mengurusnya,apakah saya harus ke bandara keberangkatan atau cukup ke cabang/outlet lion air terdekat?
    terus untuk tata cara dan syarat yg wajib dipenuhi apa saja?dan kira2 kena biaya brp.
    trims.

    • untuk mengurus pemindahan jadwal kebertangkatan bisa melalui telepon, tapi untuk pembayaran biaya administrasinya harus ke cabang terdekat. kalo biaya mungkin langsung di tanyakan ke cs lion aja. maaf telat ngebalasnya. :)

  • Iyaa emg gitu sih kisaran harganya .. Tergantung kelas mana yg tersedia di tgl yg diganti itu .. Klo sisanya di tgl yg di gnti itu hny kls bisnis biaya adm nya psti lbh mhl jg.. Ikut nimbrung yaa .. Aq jg prnh bbrapa kali gnti tgl dan prnh jg cancel .. Aq jualan tiket pesawat jg ..hehee .promosi..

  • omong-omong aku juga pernah mengalami kejadian yang sama, pengen reschedule langsung tak samperin loket penjualan dibandara aja.
    untungnya bisa, dan aman :D

  • pembayaran tambahan biayanya apa gak bisa transfer aja lewat atm? atau memang harus datang langsung ke kantor cabangnya?

    • u/ kasus yang saya alami waktu itu gak bisa mbak, soalnya u/ keperluan validasi juga kayaknya. makanya kalau mau ngebyar kalo bisa skalian bawa identitas yg digunakan waktu mesan tiket sebelumnya. bahkan kalau tiketnya sudah dipegang versi cetaknya lebih baik di bawa serta.

  • thanks info a. td juga saya nelpon kata nya biaya nya cuma 140rb. kalau kata kamu mereka hanya bilang kisarannya 150rb. berarti mereka gak tau pasti donk yha biaya adm nya. itu berati bisa jadi lbh murah atw mahal yha..

    • sama2 mba.

      iya begitulah mba, dan sepertinya CS nya ngasih kisaran yg paling tinggi, jd kitanya jg gak bakalan kurang nyiapin biaya adm kalo ke kantornya mereka buat ngebayar.

  • makasih infonya.. lg mau ganti jadwal, moga2 g banyak biaya tambahannya :D

    • sama2 mba, sebuah kegembiraan sendiri kalo postingan kita bisa memberi manfaat u/ org lain. dan semoga perjalanannya lancar.

  • Kak bisa minta contact person lion air yang berhasil dihubungi waktu itu?

    • waktu itu kalo gak salah saya bisanya nyambung ke CS yang (+6280) 4177 8899. saran saya kalo yang pusat terlalu rame jd persaingan buat tembus panggilannya jg agak kecil. mending langsung ke contact kantor wilayahnya saja. untuk kantor cabang/wilayah lion bisa dilihat dimari

  • uwiiih, aku jadi takut pakai pesawat. padahal pengeeeen :(
    makasih infonya ya, jadi ada pengalaman walau belum pernah terbang :D

    Eh mampir ke blog aku yuk!
    Aku lagi bagi pulsa @Rp 5.000 untuk 5 orang dengan hanya berkomentar di http://argalitha.blogspot.com/2013/02/berhemat-dengan-undangan-pernikahan.html
    tapi komentarnya harus nyambung dan seru, ya :) jangan lupa tinggalkan nama akun twitternya. Paling lambat tanggal 27 Februari jam 9 malam.
    aku tunggu. Terima kasih ^^

    • siappp, sama-sama mba. semoga tulisan saya bener2 gak ngebuat orang yg ngebaca jadi gak mau naik pesawat, heheee… semoga segera dapt kesempatan buat terbang, tentunya tanpa pengalaman buruk dengan maskapainya.

      *keTKP

  • Tumben yang di cabang nya kena lebih sedikit daripada yang di CS nya, ga komplain coy? Kali pihak cabangnya salah XD

    • waktu di tlpon sih CS nya juga emang gak bilang pasti 150rb, cuma bilang sekitaran 150rb. tapi gak nyangka juga bisa sejauh itu “sekitarannya”. dan kalo udah begitu, gak enak komplain minta biaya administrasi di naikin. :v :v :v :v

  • boi, share cara bikin blog –> website juga ?? hehe, ane tunggu.

Hai, would be nice if you leave a reply. :D