tutorial rest api menggunakan slim framework

Membuat REST API dengan Slim Framework (Init Post)

Kali ini mau share tutorial cara membuat REST  API dengan Slim Framework. Untuk API sendiri saya rasa gak perlu dijelaskan ya, harusnya sih udah pada ngerti faedah dan peruntukan API kalo udah pada ditahap nyari tutorialnya. Yang belum familiar mungkin hanya pada Slim Framework nya aja. Oke, kita bahas dikit soal micro-framework ini sebelum lanjut ke bagian yang teknikal banget.

Slim Framework

Slim Framework, selanjutnya kita sebut aja Slim merupakan salah satu dari sekian banyak framework PHP yang ada saat ini. Sesuai namanya, ukuran package Slim ini sangat kecil jika dibandingkan dengan framework-framework PHP lainnya semisal Laravel, Lumen, Palcon, CodeIgniter, Yii, Zend, dll. Makanya logonya pun ngebentuk body si ElePHPant menjadi agak kurusan. :)

membuat rest api dengan slim framework

Dalam keluarga besar framework PHP, Slim ini dikategorikan sebagai micro-framework (pengkategorian framework PHP bisa dibaca di CodePolitan: PHP Microframework vs. Fullstack Framework), bukan karena namanya yang Slim, melainkan karena fungsi-fungsi bawaannya yang fokus pada fungsi-fungsi dasar yang diperlukan aplikasi web, seperti menerima HTTP request, mengirimkan request tersebut ke kode (logic) yang sesuai, dan merespon HTTP request tadi dengan data yang merupakan hasil olahan pada logic code yang lebih umum dikenal sebagai controller jika dilihat dengan paradigma MVC. Itu sekilas tentang Slim, selanjutnya kita akan masuk ke bagian tehnikalnya.

Tools Pendukung

Pada saat menulis tutorial ini saya menggunakan OS Linux 16.04. Sementara beberapa software pendukung yang diperlukan dan sudah terinstall adalah:

  • MySql / MariaDB untuk databasenya
  • Apache atau Nginx untuk web enginenya, kalo saya make Apache
  • IDE atau text editor favorite masing-masing, saya sih makenya Visual Studio Code
  • Postman, sahabat para backend developer

Instalasi Slim

Buka terminal kemudian cao ke directory lokasi untuk menempatkan folder proyek kita yang merupakan package Slim. Kemudian jalankan perintah composer untuk menginisialisasi proyek baru dengan Slim skeleton.

Kemudian kita masuk ke direktori projek Slim yang baru saja diinstall.

Dari instalasi tadi kita akan menemukan beberapa folder dan file. Untuk selanjutnya kita akan banyak melakukan perubahan, penambahan dan pengurangan kode pada fail composer.json serta fail-fail pada folder src.

Untuk melakukan pengetesan init projek kita ini, pertama-tama kita tambahkan kode berikut ke fail composer.json untuk mengarahkan autoloader namespace App ke folder src .

Untuk saat ini projekan akuinginslim dengan menggunakan Slim skeleton sudah siap untuk kita buat logic atau controllernya, tapi di postingan selanjutnya, sekalian mempersiapkan database dan settingannya.

 

Hai, would be nice if you leave a reply. :D

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.