lpk tepi sawah

LPK Tepi Sawah Malam Ini dan Besok

Laptop menunjukkan pukul 1.57 dini hari waktu Indonesia barat. Kalau di kosan mungkin sekarang saya sedang berada di depan tv, nonton tv sambil perhatiin atau malah ikutan main poker. Atau lagi dikamar hadap-hadapan dengan laptop tercinta sambil nonton atau mesra-mesraan dengan tutorial C# yang biasanya diselingi beberapa pertandingan Football Manager 2012 2011.

Tapi sayang sekali, malam ini saya tidak lagi di kosan, sekarang saya sedang berada di sebuah sudut terpencil daratan kabupaten Bogor yang dikelilingi persawahan, kabupaten! bukan kota Bogor!. Sedang duduk manis meraba-raba keyboard sambil merhatiin tembok ruang belajar LPK Tepi Sawah yang saat ini selain sebagai tembok juga berfungsi sebagai layar proyektor. Nonton film Angry Bird Rio bersama beberapa teman-teman dari Himalkom IPB.

Mengenal LPK Tepi Sawah

Pasti ada yang bertanya-tanya “LPK Tepi Sawah itu apa?”, maka Budi menjawab: LPK Tepi Sawah merupakan sebuah lembaga peningkatan keterampilan yang diinisialisasi dan dikelolah oleh dua orang adik-kakak yang dermawan. Beliau-beliau ini yang telah membangun dan mengelolah LPK Tepi Sawah demi meningkatkan keterampilan masyarakat khususnya para pelajar dan pemuda kampung Cikonjen. Untuk saat ini LPK Tepi Sawah masih berupa kompleks dengan dua buah bangunan, satu sebagai ruang kelas/bengkel/lab yang berisi tujuh unit komputer serta satu printer dan satu unit proyektor ditambah lagi dengan enam unit mesin jahit listrik, sementara satu bangunan lagi difungsikan sebagai kantor.

Untuk saat ini, LPK Tepi Sawah hanya memfasilitasi dua jenis kegiatan berupa pendidikan non-formal dan tidak dipungut biaya apapun. Pertama, pelatihan menjahit bagi Ibu-Ibu serta pemudi-pemudi sekitar LPK. Kedua, pengenalan dan pelatihan penggunaan komputer bagi siswa SD, SMP, SMA serta para pemuda-pemudi yang tidak punya kesempatan melanjutkan pendidikan formal mereka ke tingkatan yang lebih tinggi.

Biasanya, untuk pelatihan menjahit, penglolah mendatangkan mentor khusus. Sementara untuk pelatihan komputernya, pihak pengelolah LPK bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer IPB untuk hal penyampaian materinya, atau kami lebih senang menyebutnya sebagai proses “berbagi”.

Kegiatan berbagi ini sudah berlangsung setiap akhir pekan sekitar dua semester belakangan ini. Selain berbagi dalam bisang kami (komputer-red), kadang-kadang beberapa teman juga sering bermain bersama anak-anak usia dini yang ada di sekitar LPK.

Selain pengelolah dan penduduk sekitar yang ramah, hal menarik lainnya adalah pemandangan serta udara yang bersih dan hijau. Bahkan, kami pernah nginap di LPK ini kemudian subuhnya kami langsung naik gunung yang tepat berada di belakang LPK. Dan ini adalah kali kedua saya menginap disini, kali ini dalam rangka melepas kenangan UTS kemarin yang wahhhh. Rencananya nanti subuh mau langsung naik gunung lagi atau jalan ke curug yang belum terjamah wisatawan asing (lintas desa-red). Satu lagi, setiap berlama-lama disini selalu ada Mang Jar (Penduduk setempa sekaligus penjaga LPK) yang setiap saat menawarkan dan memasakkan nasi liwet yang maknyos.

Ohhh iyah hampir lupa, selain refresh suasana otak setelah ujian, malam acara nginap-nginap kali ini sekalian rapat mengenai acara 1000 Mahasiswa Turun Desa, salah satu rangkaian diesnatalis IPB yang ke 48. Dimana setiap himpunan profesi dituntut untuk mengadakan kegiatan turun lapang yang sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing dan berinteraksi langsung dengan masyarakat. Acara ini insya’Allah akan dilaksanakan serentak pada tanggal 20 November 2011.

Supaya ngawang-ngawang pas baca artikel ini agak jelas, saya sertakan beberapa gambar waktu naik gunung sebelum ramadhan.

lpk tepi sawahPrepare mendaki gunung: Berdiri ki-ka ada Ka’ Syahwangi (mungkin saudaraan sama teteh Syahrini), Bang Te’, Kang Arif, Ka’ Mega, Bang Oki (Ketua Himalkom), Ka’ Niken, Gan Alay, Mang Jar. Duduk boker ki-ka ada Mas Bangbang, Ka’ Adit, Bocah yang namanya terlupakan Herdin.

lpk tepi sawahSemangat!!! beberapa ratus meter lagi sampai di puncak jaya wijaya!!

lpk tepi sawahNyampe puncak agan-agan. Alhamdulillah yah…

lpk tepi sawahKamen Rider dari negeri antah berantah… kelakuan… sesuatu parah.

12 Komentar on "LPK Tepi Sawah Malam Ini dan Besok"

Hai, would be nice if you leave a reply. :D

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.