kerajinan tangan dari bahan bekas

Tiga Kerajinan Tangan dari Barang Bekas untuk Taman Anda

Bila Anda memiliki taman di rumah, Anda dapat mendekorasinya dengan biaya yang murah, atau bahkan gratis. Caranya? Jangan terburu-buru membuang barang-barang bekas, banyak sekali alih fungsi yang bisa diterapkan termasuk membuat kerajinan tangan dari barang bekas tersebut. Contohnya adalah dengan mengubahnya menjadi kreasi-kreasi unik untuk taman di bawah ini.

1. Bunga gantung dari botol plastik bekas

kerajinan tangan dari bahan bekas

source: https://pixabay.com

      Bahan-bahan dan peralatan:

  • botol plastik bekas ukuran 600ml
  • lem prakarya
  • gunting
  • cat berbagai warna, dan
  • benang

      Cara membuat:

  1. Guntinglah bagian dasar botol hingga menyisakan lubang. Simpanlah bagian dasar botol ini.
  2. Warnailah bagian dasar botol menggunakan cat sesuai selera Anda.
  3. Guntinglah secara vertikal dinding botol bagian atas menjadi lima bagian yang sama
  4. lebarnya. Bagian ini akan Anda bentuk menjadi kelopak bunga.
  5. Warnailah bagian-bagian yang sudah Anda potong tersebut dengan cat warna kesukaan Anda, hingga ke mulut botol.
  6. Tunggulah beberapa jam hingga cat kering. Saat cat sudah kering, secara perlahan, gulunglah potongan-potongan tersebut sehingga melengkung ke atas membentuk kelopak bunga (lihat gambar).
  7. Menggunakan lem prakarya, rekatkanlah bagian dasar botol ke bagian tengah bunga sehingga menjadi inti bunga.
  8. Lilitkanlah benang pada mulut botol dan buatlah simpul mati.

Sekarang Anda tinggal mencari tempat di taman untuk menggantungkan kerajinan tangan dari barang bekas berupa bunga plastik kreasi Anda ini. Saat mengerjakan prakarya ini, jangan khawatir bila baju Anda terkena lem karena ada banyak cara menghilangkan bekas lem, seperti ini, yang bisa Anda terapkan di rumah.

2. Pot tanaman dari bola bekas

kerajinan tangan dari bahan bekas

source: https://pixabay.com

      Bahan-bahan dan peralatan:

  • bola sepak, bola basket, atau bola voli bekas
  • cat berwarna-warni
  • sendok makan atau sekop kecil
  • gunting
  • tanah
  • tanaman atau bibit tanaman

      Cara membuat:

  1. Dengan gunting, lubangilah bola-bola bekas dengan potongan-potongan berbentuk segitiga di berbagai tempat dengan ukuran masing-masing sekitar 8-10 cm atau sesuai bentuk dan ukuran tanaman yang hendak Anda tanam. Bila tanaman tersebut masih berupa benih, buat lubang selebar ukuran maksimum tanaman tersebut dapat tumbuh. Tentunya Anda pun harus bijak memilih jenis tanaman – hindari jenis tanaman yang terlalu besar. Cukup gunakan tanaman mini semisal Sri Rejeki, Lidah Buaya, Miana, atau Bambu Hias.
  2. Warnailah bola dengan cat sesuai warna favorit.
  3. Dengan sendok makan atau sekop kecil, isilah bola dengan tanah, hingga menutupi lebih dari 2/3 bola. Lalu, masukkanlah tanaman atau benih di setiap lubang. Kubur akar tanaman atau benih dengan tanah. Untuk tanaman yang sudah berdaun atau berbunga, pastikan Anda menempatkannya sedemikian hingga daun dan bunganya berada di luar bola, dan hanya bagian bawahnya yang tertanam di dalam bola.

3. Hiasan dari cangkang telur

kerajinan tangan dari bahan bekas

source: https://pixabay.com

      Bahan-bahan dan peralatan:

  • beberapa cangkang telur
  • lem prakarya
  • kain flannel berbagai warna
  • gunting
  • pita
  • cat poster

      Cara membuat:

  1. Siapkan beberapa cangkang telur. Untuk mendapatkan cangkang telur yang utuh, isap isinya dengan jarum suntik, lalu rendam cangkang kosong di larutan air cuka selama semalam untuk memperkuat cangkang dan membuang bau amis telur. Keringkan cangkang hingga siap digunakan.
  2. Anda akan membuat motif ayam dan kelinci dari cangkang-cangkang telur tersebut. Dengan cat, warnailah dan gambarilah bagian-bagian mata, mulut, dan bagian bawah telur (lihat gambar) sehingga menyerupai anak ayam dan kelinci.
  3. Guntinglah potongan-potongan kain flannel hingga sebagian membentuk sayap ayam, dan sebagian lainnya membentuk jengger ayam. Potonglah juga beberapa bagian hingga membentuk telinga kelinci.
  4. Rekatkanlah potongan-potongan jengger dan telinga tersebut ke masing-masing telur (lihat gambar).
  5. Potonglah beberapa bagian kain flannel hingga membentuk kaki ayam dan kaki kelinci. Lakukanlah hal ini dua kali, sehingga setiap binatang memiliki empat potongan kaki. Lalu, tumpuk dan rekatkanlah dua bagian kaki sehingga menjadi satu. Dengan demikian bagian kaki ayam dan kelinci menjadi lebih tebal. Setelah selesai, rekatkanlah bagian-bagian kaki ini ke masing-masing binatang.

Bermain-main dengan lem tentu berisiko membuat pakaian Anda terkena bekasnya, namun jangan biarkan hal ini mengganggu aktivitas Anda, termasuk dalam mengkreasikan taman dengan kerajinan tangan dari barang bekas, karena ada banyak cara menghilangkan bekas lem yang bisa Anda terapkan. Hal ini bisa lebih seru lagi jika menjadi kegiatan bersama anggota keluarga di akhir pekan.

Hai, would be nice if you leave a reply. :D