Inikah Cita-cita Kartini???

By | 21 April 2008
cita-cita kartiniHari ini kita sedang memperingati hari Kartini, beliau yang telah berjuang untuk mengangkat derajat perempuan-perempuan Indonesia pada masa penjajahan. Dimana beliau menginginkan agar perempuan mendapatkan hak pendidikan seperti yang didapatkan para Pria. Beliau berpendapat bahwa perempuan juga bisa berkembang dan mampu diandalkan selain sebagia Ibu Rumah tangga yang hanya memasak dan menjaga anak-anak.
Sekarang, sepertinya perjuangan beliau tidak sia-sia. Emansipasi wanita yang dulu beliau perjuangkan telah dinikmati para Wanita-wanita Indonesia. Bukan hanya dalam pendidikan, tapi emansipasi wanita telah menjangkau berbagai bidang.
Sekarang, timbul pertanyaan. Apakah emansipasi wanita yang sedang berlangsung di Indonesia merupakan emansipasi wanita yang dicita-citakan dan diperjuangkan oleh Kartini?
Bahkan, Beberapa wanita telah mampu menjadi orang nomor satu di sebuah negara berkat adanya emansipasi wanita. Termasuk Indonesia, kita sudah pernah dipimpin oleh seorang wanita. tapi, apakah itu tidak melanggar syariat ISLAM. Di Indonesia, masih banyak Laki-laki yang mampu. Terus, kenapa harus menjadikan seorang wanita menjadi pemimpin kalau masih banyak lelaki yang mampu mengemban tugas dan amanat tersebut?
Bukan hanya itu, emansipasi wanita telah mengubah gaya hidup wanita-wanita Indonesia. Kebanyakan di antara mereka sudah menggantikan posisi suaminya untuk mencari nafkah. Namun sebagian dari wanita-wanita tersebut telah melupakan kodrat mereka sebagai seorang waniat. Mereka tidak lagi mau mendengarkan mengikuti kata-kata suaminya, mereka tidak lagi mau mengurusi anak-anaknya, mereka memandang rendah suaminya karena pendapatan suaminya lebih kecil dari pendapatannya. Inikah yang di sebut Emansipasi Wanita? Inikah cita-cita Kartini? Inikah yang telah diperjuangkan dengan gigih oleh Kartini?
Menurut saya, ini bukan yang dicita-citakan dan pernah diperjuangkan oleh Kartini. Emansipasi wanita sekarang ini di Indonesia dan dunia lebih pantas disebut dengan EMANSIPASI YANG KEBABLASAN.

Hai, would be nice if you leave a reply. :D