Hari Blogger Nasional: #BerkatNgeblog Aku Tulis Ini

Pertama-tama kepada seluruh kawan-kawan blogger sebangsa dan setanah air, saya mengucapkan Selamat Hari Blogger Nasional, 27 Oktober 2011.

hari blogger nasionalTidak terasa sudah sekitar tiga setengah tahun saya ikut meramaikan dunia Blogger Nasional maupun Dunia. Memulai postingan pertama saya tepatnya pada tanggal 6 Maret 2008, ketika itu blog saya beralamat di http://pararang.com. Awal mula saya berkenalan dengan yang namanya blog dimulai ketika saya mengikuti sebuah lembaga kursus bahasa Inggris yang setiap cabangnya memiliki staf IT. Nah, staf IT-nya inilah yang menjadi biang kerok kenapa saya sampai bisa ikutan mengotori halaman pencarian google dengan hal-hal sambah yang kadang-kadang tidak berguna. Jadi, ketika itu, selain ikutan kurus kursus bahasa, sekalian saya juga kursus ngeblog secara gratis langsung ke Blogger-nya. Dan berkat beliau, anda semua bisa menyaksikan tulisan ini. Thanks Mr. Madong, you’re my best mentor.Ketika itu yang membuat saya tertarik untuk ikutan nge-blog adalah paymant dari iklan yang terpasang di blog kita yang tentunya tidak langsung ada begitu kita selesai membuat sebuah blog. Namun itu cuma bertahan sebentar, sekitar tiga bulanan nge-blog dengan motifasi pertama dan utama untuk mendapatkan uang dari iklan saya merubah motifasi nge-blog sekedar untuk menyalurkan hobi menulis saya. Meskipun saya tau bahwa tulisan ataupun artikel yang saya buat tidak berbobot dan cenderung nyampah tapi minimal ada aja orang yang mau singgah sejenak dan membacanya. Meskipun artikel saya sampah, namun tetap saja google akan mengindeksnya.

Meskipun tidak berkualitas, ada aja pembaca yang rela menyempatkan waktu untuk memberi komentar, meskipun itu hanya sebuah hinaan atau kritik tanpa saran. Tapi disitulah saya merasakan suatu kesenangan yang wah… susah diungkapkan dengan kata-kata.Lalu, kalau sekarang muncul pertanyaan “apa saja yang kamu dapatkan setelah nge-blog selama ini?”. Jawabannya akan banya, dengan nge-blog saya merasa menjadi bagian dari sebuah komunitas yang identik dengan wawasan dan keintelektualan yang luas. Dengan nge-blog saya merasa bebas berekspresi dan tahu kebebesan berekspresi itu juga ada etikanya. Seperti kata Mas MatahariTimoer di sebuah tweet-nya: “blogger memang tak punya kode etik profesi, layaknya jurnalis. tetapi bukan berarti tak punya acuan etika. kami manusia berbudaya”.

Tidak hanya itu, berkat neg-blog saya pernah menjadi bagian dari sebuah gerakan sosial yang berefek besar yang menjadikan blogger sebagi ujung tombaknya, kasus Mba Prita misalnya. Nge-blog mengajarkan kepada kita semua bahwa zaman sekarang ini, selain demonstrasi turun ke jalan, bakar ban, melempar telur busuk, serta mengarak kerbau dan sejenisnya,ternyata masih ada cara yang lebih elegan dan efektif dalam menyampaikan pendapat, protes dan tentu saja sebuah ide ataupun jalan keluar terhadap permasalahan bangsa.

Satu lagi yang paling penting dan hampir semua blogger merasakannya, berkat nge-blog, saya menemukan banyak kenalan baru, ikut komunitas sana-sini. Bahkan beberapa blogger termasuk saya menganggap komunitas blogger yang diikutinya merupakan keluarga baru yang menyenangkan dan inspiratif. Karena dunia blogger diisi oleh berbagai starata masyarakat, mulai dari ABG labil, mahasiswa kere yang fakir bandwith hingga kaum profesional. Karena setiap anda yang memiliki blog, berarti kita sama, sama-sama berada dalam satu komunitas yang dipenuhi orang-orang cerdas, intelek, ngawur dan ganteng dan cantik-cantik. Tidak peduli update atau tidak, yang penting mari kita sama-sama memperingati momen ini sebagai seorang blogger. Seperti salah satu tweet dari @bunderanhi:

“blogger itu orang yg punya blog, terserah mau di update atau tidak yg penting punya. situ ga punya kan? NDESOOO..!!”.

Dan sebagai penutup, harapan saya kedepannya akan ada tambahan tanggal merah di bulan Oktober, yang bertuliskan Hari Blogger Nasional. Sepertinya itu berlebihan yah, kalaupun tidak dimerahkan, minimal ada keterenangan yang mengatakan bahwa tanggal 27 Oktober adalah Harblognas.

Sejarah Hari Blogger Nasional dapat anda baca disini.

2 Comments on "Hari Blogger Nasional: #BerkatNgeblog Aku Tulis Ini"

Hai, would be nice if you leave a reply. :D