kandang badak

Banyak Punten di Kandang Badak, Gunung Pangrango [2/3]

Lanjut yang kemaren mas bro. Di Pos Panyancangan kan tadi kita ngambil kiri tuh. Disini jalurnya gak terlalu banyak nanjak, jadi kemungkinan track yang bakalan kita lalui cukup jauh. Kenapa? karena logika umumnya begini: kalo tracknya gak terlalu nanjak, artinya tracknya dibuat zig-zag atau mungkin malah dibuat mengitari badan gunung, jadi nya kan bisa dikatakan kita berjalan memutar. Jadinya, selain melelahkan, jadila jalur pendakian gunung pangrango ini sebagai jalur yang cukup ngebosenin. Meskipun begitu ada juga beberapa jalur memotong tegak lurus, mungkin bagi mereka yang gak sabaran kayak kami. ehhee. Oh iya, dibagian yang ini tracknya masih berupa jalan berbatu, jadi kemungkinan nyasarnya gak begitu besar. 

Banyak Punten di Kandang Badak

Setelah berjalan cukup lama meninggalkan Pos Panyancangan, dan juga telah melalui jalur beberapa tanjakan dan juga bonus++ (ada turunannya beberapa kali :D) sekitar pukul satu siang kami mencapai Pos Pondok Pemandangan. Di pos ini ada lumayan rame pendaki yang lagi ngaso. Di pos ini kami tidak berhenti, mengingat jalur sebelumnya yang cukup landai. Tidak jauh maninggalkan Pos Pondok Pemandangan, kami mencapai Pos Air Panas. Namun sebelum mencapai pos Air Panas ini kita harus melalui jalur berupa kepala Air Terjun (istilah saya u/ titik dimana air terjun bebas) yang berupa batu yang kalu kita tidak hati-hati bisa membuat kita….. ah sudahlah, ngeri ngebayanginnya.

Air di Kepala Air terjun ini memang airnya bukan hangat lagi, tapi dibeberapa titik bisa dikatakan cukup panas. Lalu di bagian kananya juga ada terpasang kabel logam sebagai pengaman. Dibagian ini sangat tidak dianjurkan untuk dilalui sekaligus dari dua arah, jadi kalau bukan yang menuju puncak, maka yang turunlah yang harus mengalah dan berhenti sejenak atau mungkin beberapa jenak-lah kalo yang mau lewat cukup rame. Setelah melewati jalur ekstrim ini nih, kita akan sampai di Pos Air Panas. Maaf gak ada gambarnya, ngeri ngeluarin kamera.

Setelah main air dan ngambil air wudhu di Pos Air Panas bersama sekian banyak pendaki lainnya, kami melanjutkan perjalanan. Sekitar setengah tiga sore kami akhirnya mencapai pos Kandang Batu. Di pos ini kami bongkar matras untuk sholat dan sedikit istrahat. Disini kami sempat nanya arah kiblat ke pendaki lain yang menurut kaos dan propertinya merupakan satu dari sekian banyak kelompok pecinta alam yang hari sebelumnya melakukan pendakian massal ke TNGGP dan melakukan penurunan massal pada saat kami baru naik.

Sekitar pukul tiga sore kami meninggalkan Kandang Batu, pos selanjutnya Kandang Badak. Dengan jalur yang rata-rata landai dan cukup rapi, kami mencapai Kandang Badak sekitar pukul lima sore. Di pos Kandang Badak ini sedang rame-ramenya, saya langsung ingat situasi waktu SMP dulu kalau lagi kemah Pramuka sebelum 17-an. Kandang Badak ini berupa dataran yang cukup luas untuk menampung puluhan tenda serta pos dan sumber air terakhir sebelum puncak Pangrango kalau kita jalannya via Cibodas.

Banyak Punten di Kandang Badak

Awalnya di Kandang Badak ini kami hanya ingin istrahat sejenak, ngisi botol air, dan juga sholat ashar. Namun karena saran beberapa pendaki, akhirnya rencanya kami mendirikan tenda dan menginap di lembah Mandalawangi harus kami batalkan. Akhirnya jadilah kami nge-camp bersama puluhan pendaki lainnya di Kandang Badak.

kandang badak

Kemi dapat tempat mendirikan tenda di samping bahkan tepat di jalan yang mengarah ke sumber air. Jadilah kami pendaki yang sepertinya menerima banyak “punten” dan “permisi” sepanjang malam itu. Karena cuacanya memang hujan, jadi kami kebanyakan menghabiskan waktu didalam tenda, bahkan memasakpun kami lakukan didalam tenda. Ngobrol-ngobrol sambil ngopi dan   makan malam dengan mie instan rasa campuran. Beberapa saat setelah isya, sudah ada beberapa yang masuk sleeping bag. Sambil baringan menuju tiduran kami ngobrol rencana summit attack pendakian gunung Pangrango yang berdasarkan kesepakatan akan kami lakukan sekitar pukul tiga dini hari nanti. [lanjut]

Hai, would be nice if you leave a reply. :D