asean-blogger

Asean Blogger Festival 2013: Kopdar Raya Menyambut ASEAN Community 2015

Asean Blogger Festival 2013 di Solo baru saja selesai kemaren. Ada banyak cerita ada banyak kisah. Bersama Rizal, saya berkesempatan mewakili kawan-kawan Blogger IPB. Memulai perjalanan kampus kemudian dari stasiun Baranangsian Bogor kami berdua berangkat ke stasiun Lebak Bulus, Jakarta. Kenapa disana? Karena disanalah titik keberangkatan bus yang disediakan panitia untuk partisipan yang berada di daerah Jabodetabek. Setelah melalui perjalan selama ±15 jam  dengan menggunakan bus dari terminal Lebak Bulus Jakarta menuju kota Surakarta. Akhirnya pada hari Kamis (09/05) sore rombongan blogger yang mewakili beberapa komunitas blogger di Jabodetabek (yah, jadinya semacam aliansi beberapa komunitas blogger se Jabodetabek) bisa update status medsos ala Ariel, “touch down at Solo”. 

asean blogger festival 2013

Selama perjalanan dari Jakarta-Solo lumayan rame, bareng dengan beberapa seleb dan sepuh-sepuhnya blogger. Ada Babeh Helmi sepuhnya kompasiana, om Dian Kelana dari Blogger Reporter, mas HarrisMaul sama Nona Dita dari Blogor, and etc.

asean blogger festival 2013

Setelah sedikit nyasar beberapa ratus meter, kami Sampai di Hotel Kusuma Sahid disamput panitia dan beberapa blogger yang telah sampai lebih awal. Kami termasuk rombongan yang moderat kedatangannya, lebih awal kaga, telat juga nggak.

asean blogger festival 2013

Setelah melalui meja registrasi, kami semua berangkat ke kamar masing-masing. Oh yah, untuk event ABF 2013 ini panitia menyediakan dua hotel yang kayaknya satu manajemen; Kusuma Sahid dan Hotel Sahid Jaya. Beberapa kawan dari Jabodetabek termasuk saya ternyata harus melanjutkan sedikit perjalanan untuk mencapai kamar kami. Jadilah kami kesana dengan diantar kendaraan hotel.

asean blogger festival 2013

Di Sahid Jaya, kami ditempatkan di kamar dengan daya tampung tiga orang, saya sendiri beruntung bisa sekamar dengan Bang Aswi (sesepuh Blogger Bandung) dan Asmari (Founder & CEO dotsemarang). Untuk pengkamaran ini umunya teracak, jadi gak ada perwakilan satu komunitas yang menempati kamar yang sama, malahan saya dan Rizal ditempatkan di hotel berbeda. Masa jauh-jauh ke Solo temennya gak nambah-nambah. Oh yah, ngomong-ngomong soal peserta, ABF2013 ini diikuti 230 blogger Indonesia dari ujung barat hingga ujung timur serta 20 orang blogger dari negara ASEAN lainnya.

asean blogger festival 2013

Event internasional yang didukung langsung oleh Kemenlu ini memang sengaja diadakan untuk menghimpun para penggiat komunitas online (blogger) dalam rangka ikut mensukseskan ASEAN Community 2015. Hal ini perlu, mengingat di ASEAN Community nanti tidak sekedar membutuhkan interaksi antar pemerintah, namun yang lebih penting adalah bagaimana mensinergiskan masyarakat antar negara ASEAN. Begitu kata Daeng Battala selaku vice president Blogger ASEAN Indonesia Chapter dalam sambutannya.

asean blogger festival 2013

Kenapa Blogger? Yah, hal ini tidak jauh dari realita sekarang dimana akses informasi sudah begitu gampag di akses. Disinilah peran para blogger diharapkan mampu menjadi agen penghubung, bahkan lebih dari itu, tulisan dari para blogger dari masing-masing negara mampu menjadi alur komunikasi dua arah antar setiap negara. Dengan tema “Reinventing the Spirit of Cultural Heritage in Southeast Asia” event ASEAN Blogger Festival ini diharapkan menjadi ajang pembuka untuk melakukan konsolidasi awal demi sinergisitas Blogger ASEAN.

Acara yang dihelat dari 9-12 Mei 2013 ini tidak hanya diisi dengan diskusi dan forum-forum serius yang membahas peran serta masterplan BloggerASEAN untuk tiga tahun kedepannya. Namun juga diisi dengan kunjungan ke  beberapa destinasi-destinasi wisata kota Solo. Melalui para Blogger, Pemkot Surakarta benar-benar ingin menunjukan kepada seluruh Indonesia dan negara ASEAN bahwa “Solo, Spirit of Java”.

asean blogger festival 2013

asean blogger festival 2013

Hal ini terlihat di sela acara-acara in door, peserta diajak berkunjung ke Kraton Kasunanan dan Mangkunegaraan, Candi Sukuh dan Museum Sangiran serta Museum Batik. Selain kunjungan kebeberapa tempat wisata, para Blogger juga diajak melakukan city tour kota Surakarta dengan menggunakan bus dua tingkat Werkudara dan kereta api uap Sepur Klutuk Jaladara.

asean blogger festival 2013

asean blogger festival 2013

16 Comments on "Asean Blogger Festival 2013: Kopdar Raya Menyambut ASEAN Community 2015"

Hai, would be nice if you leave a reply. :D