Add-in-Matematika-dan-Kimia-untuk-Microsoft-Word

Add-in Matematika dan Kimia untuk Microsoft Word

Kali ini saya akan men-share hasil browsing-browsing saya malam ini. Sempet nyangkut di web nya Microsoft. Nemuin add-in untuk Microsoft Office Word. Add-in ini hampir sama dengan add-on yang kita kenal pada browser khususnya Firefox. Add-on atau add-in adalah program/modul tambahan yang tidak kita temukan pada instalasi pertama suatu program, harus kita install setelah program utama telah terpasang. Nah pada postingan kali ini akan sedikit ngobrolin tentang add-in Matematika dan Kimia untuk Microsoft Word. 

Mungkin belum banyak orang yang tahu kalau di program Ms. Word sendiri telah tersedia beberapa add-in yang dapat mengoptimalkan dan mengefesiensikan pekerjaan kita. Terkhusus bagi para pengguna yang bergelut di bidang science, perusahaan Om Bill ini menyediakan beberapa modul tambahan yang sifatnya free. Dua yang akan kita bahas secara singkat adalah add-in Matematika dan Kimia.

Add-in-Matematika-dan-Kimia-untuk-Microsoft-Word

 

Mathematic Add-in for Microsoft Office Word

Dengan add-in ini anda dapat melakukan perhitungan matematis dan memplotkan grafik dua maupun tiga dimensi ke dokumen Word anda. Add-in juga menyediakan koleksi simbol dan struktur matematika untuk menampilkan ekspresi matematika dengan format yang sangat jelas. Anda juga dapat dengan mudah memasukkan ekspresi dan struktur matematika yang umum digunakan dengan menggunakan list/galeri persamaan yang telah tersedia. Lebih detailnya, add-in ini menyediakan fungsi;

  • Menghitung fungsi matematika standar, seperti akar dan logaritma
  • Menghitung fungsi trigonometri, seperti sinus dan cosinus
  • Mencari turunan dan integral, limit
  • Melakukan operasi matriks, seperti invers, penambahan, dan perkalian
  • Melakukan operasi matematika pada bilangan kompleks
  • Plot 2-D grafik dalam koordinat Cartesian dan kutub
  • Plot 3-D grafik dalam koordinat Cartesian, silinder, dan bola
  • Mencari solusi persamaan dan pertidaksamaan
  • Menghitung fungsi statistik, seperti modus dan varians
  • Faktor polinomial atau bilangan bulat
  • Sederhanakan atau memperluas ekspresi aljabar

Penasaran? Silahkan unduh di microsoft download.

Chemistry Add-in for Microsoft Office Word

Merupakan sistem yang dihasilkan dari project open source bernama Chem4Word Project, kolaborasi antara Microsoft Research dan University of Cambridge yang masih berlangsung hingga sekarang guna menyempurnakan sistem ini. Add-in ini dirancang untuk memudahkan ketika memasukkan dan mengubah informasi kimia (label, rumus, penggambaran 2-D, dll) ke dalam dokumen Microsoft Office Word.

Untuk galeri struktur senyawanya sendiri masih sangat terbatas, tapi hal itu telah di back-up dengan disediakannya fungsi edit pada gambar senyawa yang telah kita insert-kan, sehingga dengan gambar dasar yang ada kita dapat membuat struktur senyawa sesuai dengan yang dosen dan atau asprak kita inginkan.

Untuk tautan unduh serta masukan untuk para developer-nya, silahkan berkunjung ke codeplexpage!!

Oh iya, sedikit catatan: kedua add-in ini sudah saya coba sendiri dengan laptop kebanggan (Acer), Core i3, Windows 7 Profesional dan tentunya Microsft Office Word 2010. Selamat mencoba!!!

5 Comments on "Add-in Matematika dan Kimia untuk Microsoft Word"

Hai, would be nice if you leave a reply. :D