pararang year in review

#2015 – Year in Review

Terinspirasi dari Tumblr 2015 Year in Review, maka saya juga ikutanlah bikin pararang[dot]com 2015 Year in Review. Biar kekinian, biar kelihatan banyak aktifitas nih blog. :v

Jadi, Year in Review kemudian saya singkat aja jadi YiR semacam kaledioskop sepanjang setahun belakangan. YiR yang dibuat tumblr terbagi menjadi banyak kategori; dari kategori meme yang paling banyak di reblog, postingan sains terpopuler, hingga postingan tentang K-Pop paling populer dll. 

pararang year in review

Nah, kan nih blog gak rame-rame amat aktifitas selama 2015 ini. Saya bingung juga mo bikin YiR yang kayak gimana. Untung selama hiatus hampir setahun terakhir, nih blog tetap nyala, tetap ada pengunjung yang kadang singgah mengais informasi. Entah informasi baru dan berfaedah atau sekedar postingan lama berbau tipu-tipu.

Maka jadilah YiR versi pararang[dot]com saya susun berdasarkan postingan paling populer selama tahun 2015. Paling populer dalam artian paling banyak dikunjungi pembaca, entah manusia maupun robot. :)

Membuat Year in Review dengan Google Analytics

Untuk mendapatkan statistik pengunjung pararang[dot]com, saya menggunakan fasilitas monitoring yang disediakan Google Analytics. Sapa tau ada yang mau, ini ada caranya;

  1. Pastikan web anda sudah terdaftar dan terferifikasi pada akun Google Analytics anda.
  2. Kalau sebelumnya anda tidak pernah mendaftarkan web anda ke Google Analytics, maka tutorial ini tidak dapat anda terapkan. Langsung aja nge-scroll-down ke bagian year in review tahun 2015 ala pararang[dot]com.
  3. Kalo anda sebelumnya pernah mendaftarkan blog anda ke ke Google Analytics, silahkan lanjutkan baca tutorial ini,
  4. Sign In ke Google Analytics,
  5. Kustomisasi rentang waktu data kunjungan yang ingin anda lihat, misalnya data selama 2015, maka set waktu dari 1 Jan 2015 hingga 31 Des 2015.
    membuat year in review
  6. Pada list web, pilih web yang ingin anda lihat statistiknya.
  7. Pada panel sebelah kiri, pilih Behavior > Site Content > All Pages
    year-in-review-google-analytics02
  8. Nah, di panel utama, akan muncul tabel yang menyajikan statistik Pageviews dll. Klik untuk menyesuaikan penyajian dari yang terbanyak ke yang tersedikit.
    year-in-review-google-analytics03

pararang[dot]com 2015 Year in Review

Dari Google Analytics, berikut saya himpun 10 besar artikel blog ini yang paling banyak di dikunjungi selama tahun 2015.

  1. Mengganti Jadwal Tiket Penerbangan Lion Air  – 23 Februari 2013. Tulisan 2 tahun lalu. Isinya tentang pengalaman saya mengganti jadwal penerbangan pada maskapai LionAir. Tulisan paling berfaedah menurut saya selama ngeblog. :)
  2. Pentas Seni LPK Tepi Sawah – 19 Mei 2013. Artikel tentang pentas seni di LPK Tepi Sawah. Sepertinya banyak dibaca orang-orang yang ingin membuat pensi sederhana namun berkesan. Btw, sudah lama juga nih gak ke LPK. :(
  3. Taare Zameen Par (2007) – 4 Januari 2011. Ulasan alias review serta sedikit banyak spoiler salah satu film India terbaik yang pernah saya nonton. Kalo belum nonton dan anda adalah guru/calon guru atau orang tua/calon orang tua, maka saya sarankan anda untuk nonton nih film.
  4. Pendakian Gunung Pangrango – 4 Mei 2013. Artikel pertama dari artikel bersambung tentang perjalanan mendaki ke puncak Gunung Pangrango melalui jalur Cibodas.
  5. Cita-Citaku – 11 Maret 2009. Semacam postingan lirik lagu dan ulasannya yang nanggung serta sangat amatir. Salah satu postingan copas di awal-awal ngeblog. Menjelang lulus SMA, lagi terkagum-kagumnya saya sama Pidi Baiq dan The Panas Dalam. Karena bagi saya, mendengar lagu-lagu The Panas Dalam bukan sekedar memperkaya referensi musik, tapi juga memperkaya referensi hidup.
  6. Bunga Abadi Bernama Edelweiss – 26 Mei 2012. Lagi-lagi cerita pendakian. Kali ini tentang perjalanan mendaki Gunung Papandayan di Garut.
  7. Kajian 10 Besar Kesalahan dalam Desain Web – 24 Oktober 2011. Merupakan ujian mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) yang di-take-home kosan-kan.
  8. Universitas Swaraj – 7 Maret 2013. Artikel yang terinspirasi dari tugas kuliah Perubahan Sosial ini bercerita tentang perguruan tinggi di India yang sangat berbeda dengan perguruan tinggi pada umumnya. Tidak ada ujian, gelar, dan ijazah.
  9. Kajian UU Nomor 11 Tahun 2008 – 7 April 2012. Merupakan artikel yang saya re-post dari tugas kuliah Sistem Informasi. Kajian terhadap undang-undang yang mengatur tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).
  10. Penemu dan Pengguna Wireless Pertama di Dunia – 21 Juni 2008. Ini artikel bercandaan aja, jangan dijadikan referensi untuk tulisan-tulisan dan debat-debat ilmiah. Terima kasih. :)

Best Moment Ever in 2015

Resolusi tahun 2013, terlaksana dua tahun kemudian.

5 Comments on "#2015 – Year in Review"

Hai, would be nice if you leave a reply. :D